Memecah File dengan Menggunakan Hjsplit

Seringkali saat kita ingin menshare data/file melalui internet kita dihadapi oleh masalah kecepatan upload atau download. Salah satu cara yang paling sering digunakan adalah dengan memecah file tersebut menjadi beberapa bagian. Tujuannya adalah mempercepat proses upload dan download. Selain itu melakukan upload file yang ukurannya kecil akan meminimalkan resiko file corrupt. Program yang digunakan adalah hjsplit yang bersifat freeware:

Untuk memecah file terlebih dahulu kita siapkan file yang akan dipecah (ya iyalah masa kita mw mecah file tapi filenya nga ada). Saya sarankan file tersebut dikompress dengan menggunakan program seperti 7Zip atau winRar (supaya ukurannya mengecil). Setelah itu klik tombol Split.

Pada window split file ini kita pilih file yang ingin dipecah, klik tombol Input File. Lalu pada bagian Split file size isikan besarnya file hasil pemecahan nanti. Jika kita ingin filenya dipecah menjadi file-file 100MB, maka kita isikan angka 100 dan pilih Mbytes. Dalam contoh saya mengisikan 5MB karena file yang akan dipecah hanya sekitar 10MB. Setelah itu klik tombol Start. File hasil pecahan akan berekstensi .001 .002 .003 yang menunjukan urutan file hasil pemecahan. File-file tersebut harus berada dalam 1 folder saat akan digabungkan kembali.

2 Responses

  1. good tutorial

  2. Mantep Gan, makasih tutornya
    mampir http://www.cetmas.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: