Fungsi number_format di php

Saat membuat sebuah halaman web yang untuk menampilkan bilangan angka, ada baik nya memakai tanda pemisah agar mudah di baca oleh user. sedikit trik dari saya dengan menggunakan fungsi di PHP yaitu number_format.

Script:

<?php
echo ‘<html>’;
echo ‘<head>’;
echo ‘<title>Laporan Akhir nich</title>’;
echo ‘</head>’;
echo ‘<body>’;
echo ‘Judul buku: ‘.$_POST[‘judulBuku’].'<br/>’;
$harga = number_format($_POST[‘hargaBuku’],2,’,’,’.’);
echo ‘Harga: Rp. ‘.$harga.'</br>’;
$diskon = number_format(($_POST[‘diskonBuku’]/100)*$_POST[‘hargaBuku’],2,’,’,’.’);
echo ‘Diskon: Rp. ‘.$diskon.'<br/>’;
$total = number_format(($_POST[‘hargaBuku’]-($_POST[‘hargaBuku’]*$_POST[‘diskonBuku’]/100)),2,’,’,’.’);
echo ‘Total Harga: Rp. ‘.$total;
echo ‘</body>’;
echo ‘</html>’;
?>

Terlihat bahwa string angka yang diinput sudah diformat ke dalam bentuk lain. Format umunya seperti ini

string number_format ( float $number , int $decimals , string $dec_point , string $thousands_sep )

dimana $number adalah datanya, $decimals menentukan berapa angka di belakang koma, $dec_point menentukan pembatas angka decimal, $thousands_sep menentukan pembatas angka ribuan.

2 Responses

  1. Malam gan..maaf ni ganggu malem2…
    ane lg bingung ni mau tny ma sapa,,mau tny ma tmn,ga ada yang ngerti,,
    tny ma senior di ledekin…
    ane mau tny tntng pembuatan WEb menggunakan Flash..
    ane dah bikin web full flash yang ane bingung caranya gabungin kePHP dan MYSQL cos harus wajib ada databasenya….
    tolong bgt ya gan….

  2. yudi -> Yg ane tangkep, web ente make full flash trus dihub k database
    Bener gt nga
    At flash’a it cm wt hiasan
    Kl full flash trus conect k database ane lum pernah nyoba (nga maenan d Flash :D)
    Tp kl flash’a cm wt hiasan y pake embed object aj..d Dreamweaver kan bisa

Leave a Reply

