Apa itu TELEMATIKA?

Mendengar kata telematika pasti sebagian dari kita akan langsung ingat dengan nama Roy Suryo. Yupz..dia emang salah satu pakar dalam bidang TELEMATIKA dan tentu saja yang paling tersohor di negri ini. Tapi tulisan saya ini bukan untuk membahas tentang Roy Suryo, karena sudah pasti anda tw banyak tentang beliau.

Yang ingin saya bahas sekarang it apa arti kata TELEMATIKA sebenarnya? Kalau anda berpikir bahwa TELEMATIKA berhubungan dengan komputer (seperti saya juga) brarti anda benar. Asal kata TELEMATIKA itu sebenernya dari bahasa Perancis yaitu “TELEMATIQUE” yang artinya kurang lebih adalah perpaduan antara sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Dalam wikipedia disebutkan bahwa TELEMATIKA juga sering disebut dengan ICT(Information and Communications Technology). Di situ dijelaskan juga bahwa ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

Jadi jelas bahwa TELEMATIKA merupakan teknologi baru yang lahir dari perpaduan teknologi informasi dan komunikasi.

Tp kalau anda pernah mendengar atau membaca ada yang mengatakan bahwa TELEMATIKA merupakan kependekan dari TELEkomunikasi MultimediA dan informaTIKA.

Nah loch kenapa istilah multimedia dibawa-bawa ya. Saya sendiri juga bingung. Anda punya jawabannya?

Saya pribadi lebih nyaman menyebut TELEMATIKA itu sebagai TELEkomunikasi dan inforMATIKA karena jelas antara ilmu teknologi informasi dan ilmu komunikasi saling mendukung.

One Response

  1. […] under: Pengembangan Sistem Informasi « Apa itu TELEMATIKA? Validasi ISBN […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: